Program Gerakan Pengentasan Kawasan Kumuh Provinsi Papua Barat

Direktur KIP Tinjau Pembangunan SPAM IKK Manokwari
23/04/2018
KAMPANYE EDUKASI PUBLIK
06/05/2018

Program Gerakan Pengentasan Kawasan Kumuh Provinsi Papua Barat

Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Manokwari bersama Tim Konsultan Kota Tanpa Kumuh (KotaKU) Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman Papua Barat yang difasilitasi oleh Satuan Kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Pembangunan (Randal PIP) Papua Barat, mengadakan pertemuan di Gedung Pusat Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan (PIP2B) Papua Barat dalam rangka membahas Program Gerakan Pengentasan Kawasan Kumuh sesuai Program Nasional Cipta Karya dalam Gerakan 100-0-100.

PPK Randal PIP Papua Barat, Jamaludin Ugar mengungkapkan, bahwa pihaknya hanya memfasilitasi. Hal ini berkaitan dengan salah satu tugas dan kewenangan Satker Randal PIP Papua Barat dalam Progam Gerakan Pengentasan Kawasan Kumuh sesuai Program Nasional 100-0-100. Kawasan kumuh masuk dalam Program Nasional Cipta Karya dalam Gerakan 100-0-100.  Kawasan kumuh pada tahun 2019 mendatang harus mencapai 0 persen, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak, pemerintah daerah, satker sektor dan konsultan KotaKu.

Dalam pertemuan tersebut diketahui bahwa, hingga saat ini Satker Sektor Cipta Karya di Provinsi Papua Barat masih mengalami kendala karena masih sulitnya penyatuan data untuk program keterpaduan. Untuk itu, melalui kerjasama dengan Tim Konsultan Kotaku dan Dinas Perumahan Manokwari diharapkan dapat berkolaborasi dan memperjelas titik penanganan kumuh yang dilakukan agar tidak tumpang tindih dengan program-program Cipta Karya. Selain itu, dalam pertemuan tersebut Leader OSP-9 Kotaku Provinsi Papua Barat, Kasan Pribadi merincikan, tahun 2017 Kotaku telah melakukan Program Penanganan Kumuh di 2 kota, yakni Manokwari dan Kota Sorong yang terbagi dalam sejumlah kawasan. Untuk Manokwari terbagi di 3 kawasan kelurahan yakni kelurahan Wosi, Manokwari Barat dan Manokwari Timur. Sementara Kota Sorong terbagi dalam 7 kelurahan yakni Malawei, Rufei, Klademak, Remu, Doom Barat, Doom Timur dan Remu Selatan dengan beragam jenis kegiatan.[Randal Papua Barat]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *