Direktur KIP Tinjau Pembangunan SPAM IKK Manokwari

Presiden Kunjungi Lokasi Padat Karya di Kokoda
23/04/2018
Program Gerakan Pengentasan Kawasan Kumuh Provinsi Papua Barat
23/04/2018

Direktur KIP Tinjau Pembangunan SPAM IKK Manokwari

Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman (KIP) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dwityo A Soeranto, didampingi oleh Kepala Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan (Satker PBL) Marsudi, PPK Satuan Kerja Randal PIP Jamaludin Ugar, Kepala Satker PSPLP, Eduardus Halaseren dan PPK PSPAM, FX Budiantoro serta Direktur PDAM Bobby J Wariori, meninjau pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) Manokwari Barat yang berlokasi di Kelurahan Amban Distrik Manokwari Barat, Rabu (4/4).

Pembangunan SPAM IKK Manokwari Barat dilakukan pada tahun 2015 oleh Satker PSPAM dan IPA 40 l/det di Kelurahan Amban,  dibiayai oleh APBN Tahun Anggaran 2015. Hanya saja, sejak pembangunannya selesai, SPAM IKK dan IPA 40 l/det sampai saat ini belum termanfaatkan. Dalam kunjungannya, Direktur KIP, Dwityo A Soeranto meminta, segala persoalan yang menghambat pemanfaatan SPAM IKK dan IPA 40 l/det dapat segera diselesaikan dengan berkoordinasi bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua Barat. Sebab, pemerintah pusat tidak bisa lagi mengeluarkan anggaran pembangunan jika ternyata belum dapat dimanfaatkan dan dirasakan masyarakat.

Direktur PDAM Manokwari, Bobby J. Wariori menjelaskan, bahwa sumber air yang digunakan untuk SPAM IKK berasal dari Kali Maruni dengan jarak sekitar 34 Km. Jarak yang begitu jauh juga menjadi salah satu faktor pompa air tidak mampu mendorong air hingga ke Amban. Kendati demikian, pihak PDAM siap menindaklanjuti instruksi Direktur KIP dan bersama PSPAM Papua Barat berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai SDA Provinsi Papua Barat. [Randal PIP Papua Barat]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *