Ditjen Cipta Karya Tata Kawasan Strategis Mariat

Direktur KIP Kunjungi Gedung PIP2B Papua Barat
06/04/2018
DPU Papua Barat Laksanakan Rakornis Bidang ke PU-an
23/04/2018

Ditjen Cipta Karya Tata Kawasan Strategis Mariat

Dalam rangka mendukung program pembangunan di Kabupaten Sorong Provinsi Papua sekaligus memaksimalkan pemanfaatan dan pengelolaan kawasan strategis, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya pada Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Papua Barat telah menyelesaikan pembangunan penataan bangunan kawasan strategis Mariat di Distrik Mariat Kabupaten Sorong.

Pekerjaan ini telah dilakukan melalui APBN Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya TA 2017 dan telah diserahterimakan kepada Pemkab Sorong. Bupati Sorong, Johny Kamuru yang menerima asset Negara atau Barang Milik Negara (BMN) menyatakan bersedia untuk memanfaatkan serta mendukung pekerjaan yang berlokasi di Kabupaten Sorong tersebut.

Kamuru dalam surat pernyataannya juga mengatakan bahwa lahan yang akan dibangun merupakan fasilitas public yang status lahannya milik pemerintah, tidak dalam status sengketa, tidak terdapat aktifitas pemukiman liar, warung dan peruntukan lain yang tidak sesuai serta siap dibangun pekejeran fisik.

Bangunan yang dikerjakan berupa penanganan bundaran tugu merah dan penanganan jalur pedestrian koridor jalan Tuturuga.

Pembangunan tugu merah pada kawasan strategis Mariat Kabupaten Sorong ini merupakan tindaklanjut dari pengajuan minat program kegiatan penataan bangunan dan lingkungan tahun anggaran 2016-2019 dalam rangka mendukung pembangunan pemerintah kabupaten Sorong dengan menindaklanjuti dokumen RPIJM kabupaten Sorong tahun 2015-2019 bidang Cipta Karya.

Kepala Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Papua Barat, Marsudi, ST, SE, MM berharap, atas dukungan Kementerian PUPR tersebut, Bupati Sorong dapat mengelola dan memelihara asset yang kini telah selesai dibangun, supaya asset tersebut fungsional bermanfaat dan lingkungannya tetap terjaga kebersihan dan keasrianya.

Tugu Merah di Mariat Kabupaten Sorong tersebut, kini juga menjadi icon daerah setempat karena berada di putaran jalan trans Kabupaten Sorong dengan daerah lainnya. Tugu merah dilengkapi dengan air mancur dan lampu hias sehingga saat malam hari terlihat indah dan menjadi pusat perhatian warga yang melintas. [Lilis Randal Pabar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *