KAMPANYE EDUKASI PUBLIK

Program Gerakan Pengentasan Kawasan Kumuh Provinsi Papua Barat
23/04/2018

KAMPANYE EDUKASI PUBLIK

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Papua Barat menggelar kampanye edukasi public bidang bangunan gedung dan penataan bangunan serta penyebarluasan peraturan perundang-undangan di Manokwari, Kamis (3/5/2018).

Kampanye edukasi public berthemakan inklusifitas dan profesionalisme dalam penyelenggaraan bangunan gedung dan lingkungan dalam rangka mendukung program pembangunan infrastruktur di Provinsi Papua Barat dibuka oleh Asisten II Setda Provinsi Papua Barat, Jakonias Sawaki.

Dalam sambutannya, Sawaki mengatakan adanya otonomi daerah telah memberikan kewenangan yang luas untuk mengatur urusan pemerintah termasuk dibidang bangunan gedung dan penataan bangunan dalam hal pembinaan terhadap pihak terkait penyelenggaraan bangunan gedung termasuk masyarakat luas, sehingga pemda perlu melakukan penyebarluasan informasi secara berkelanjutan guna meningkatkan pemahaman kapabilitas dan kapasitas terhadap dinas teknis dan kesadaran pihak terkait dengan aspek penyelenggaraan bangunan gedung yang tertib dan handal di Papua Barat.

Hanya saja, ampai saat ini belum seluruh pemda mampu melakukan upaya tersebut secara konsisten sehingga tujuan yang diharapkan belum dapat diwujudkan secara maksimal. Kurangnya pemahaman dalam mewujudkan penataan bangunan dan lingkungan yang berkualitas dan berkelanjutan oleh pihak terkait termasuk masyarakat dan belum maksimalnya implementasi terhadap peraturan daerah tentang bangunan gedung juga menyebabkan penyelenggaraan bangunan gedung dan lingkungan terhambat.

Untuk itu, perlu diselesaikan secara bersama-sama agar penyelenggaraan bangunan gedung dapat berjalan tertib dan efisien.

Sawaki meminta kepada seluruh kepala daerah di Papua Barat melaksanakan implementasi peraturan daerah tentang bangunan gedung didaerah dan bagi yang belum memiliki peraturan daerah bangunan gedung agar segera melaksanakan percepatan penyusunannya demi terwujudnya tertib penyelenggaraan keselamatan bangunan gedung dan kepastian hukum guna terwujudnya investasi di Papua Barat berjalan baik.

Kepala Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Papua Barat, Marsudi mengungkapkan, kegiatan ini juga dalam rangka mendukung Program Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Papua Barat melalui Visi gubernur dalam mewujudkan Provinsi Papua Barat yang Mandiri, Berdaya Saing, Sejahtera, adil dan Lestari.

Tujuannya, tersebarluasnya informasi, regulasi dan kebijakan terkait penyelenggaraan bangunan Gedung dan penataan bangunan kepada pihak terkait, termasuk masyarakat luas dalam mewujudkan penataan bangunan dan lingkungan yang berkualitas dan berkelanjutan dan terwujudnya bangunan gedung dan lingkungan yang fungsional, berjati diri, serta seimbang, serasi dan selaras dengan lingkungannya yang diselenggarakan secara tertib dengan didukung peran masyarakat untuk menjamin kemanfatannya, keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat.

Materi disampaikan oleh Kasubdit Bangunan Gedung pada Direktorat Bina Penataan Bangunan, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Kepala Pusat Informasi pengembangan Pemukiman dan Bangunan Provinsi Papua Barat,

Peserta kegiatan diantaranya dari Dinas PUPR provinsi dan kabupaten/kota, Bappeda provinsi dan Kabupaten Kota, Dinas dan Instansi Vertikal Provinsi Papua Barat, petugas Pendata HSBGN kabupaten/ Kota se Provinsi Papua Barat serta DPMPTPSP se Provinsi Papua Barat, akademisi, Asosiasi Profesi IAI dan HAKI serta TNI/ Polri.[Lilis Randal Pabar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *